April 20, 2015

Wasir

Wasir adalah pembuluh darah yang melebar, terjadi di daerah dubur yang lebih rendah. Wasir internal yang terjadi di dalam dubur biasanya kecil dan relatif cepat reda, meskipun bisa menimbulkan pendarahan saat buang air besar. Wasir eksternal menonjol keluar dari anus. Wasir sangat menyakitkan dan menyebabkan gatal atau rasa panas. Penderita sembelit kronis atau yang sulit buang air besar rentan terhadap wasir. Banyak wanita hamil yang mengalami wasir karena rahim menekan pembuluh darah sehingga melebar dan menghalangi kembalinya darah dari dubur.

Olahraga secara teratur dapat mencegah terjadinya wasir karena olahraga dapat mengaktifkan aliran darah, mendorong fungsi kesehatan dari sistem pencernaan, dan membantu mengatur buang air besar. Hindari kegiatan yang bisa memperparah pembuluh darah pada dubur, contohnya mengangkat beban berat atau bersepeda.

Duduk terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada wasir. Lakukan aktivitas seperti berjalan.Berenang dan yoga dapat dilakukan untuk memijat usus dan otot di anus.

Jika Anda terkena wasir, mengejan ketika buang air besar akan rentan terkena wasir. Makan makanan berserat tinggi, minum banyak air, olahraga teratur akan membantu melembekan tinja dan mencegah iritasi wasir.

April 14, 2015

Nyeri Punggung

Nyeri punggung disebabkan oleh otot atau sendi yang keseleo oleh suatu gerakan berputar yang mendadak, atau mengangkat benda berat secara tidak hati-hati. Masalah struktur, yang meliputi pecahnya piringan sendi (bantalan antara tulang di tulang belakang), radang sendi, pegal di pinggang, dan skoliosis juga menyebabkan nyeri punggung. Nyeri akut yang disebabkan oleh keseleo, biasanya dapat disembuhkan dan diatasi dengan berbagai pengobatan, terapi panas/dingin, serta istirahat.

Suntikan dan pengobatan dapat meredakan nyeri, tetapi tidak memicu proses penyembuhan. Penyembuhan distimulasi oleh aktivitas fisik. Apabila Anda rajin olahraga, aerobik, latihan untuk menguatkan punggung dan peregangan untuk merelaksasikan otot yang tegang maka akan memperkecil kemungkinan mengalami nyeri punggung. Ketika Anda melatih punggung, nutrisi dilepaskan ke jaringan lunak di punggung dan ruangan di sekitar piringan sendi tulang belakang. Semuanya ini akan menjaga otot, ligamen dan sendi supaya sehat. Latihan teratur juga meningkatkan kewaspadaan mekanisme tubuh sehingga membantu Anda terhindar dari cedera.

Peregangan meringankan kekakuan otot dan meningkatkan jangkauan gerak. Peregangan urat lutut sangat penting. Karena urat yang kaku membatasi gerakan di panggul, yang akhirnya dapat meningkatkan stres di sepanjang bawah punggung. Tulang belakang yang sehat perlu didukung oleh otot inti yang sehat sehingga Anda membutuhkan latihan otot perut dan otot gluteal.

Berenang merupakan cara tepat untuk mendapatkan latihan aerobik yang mudah. Air melawan gravitasi dan menyediakan kemampuan mengapung dengan resistensi ringan. Berjalan cepat secara terus menerus membantu untuk membangun kebugaran. Bersepeda di sepeda statis memberikan kondisi aerobik dengan resiko minimal pada tulang belakang. Ini juga menjadi pilihan latihan yang bagus untuk Anda yang lebih nyaman dengan posisi membungkuk ke depan.

Cegah nyeri punggung dengan berlatih aerobik 3-5 sesi dan latihan kekuatan setiap minggu. Jika tubuh Anda tidak mampu, berlatihlan fitness dengan berjalan berkesinambungan minimal 20-30 menit setiap hari.

April 14, 2015

Sakit Leher

Sakit leher disebabkan oleh posisi tubuh yang tidak benar dalam jangka waktu lama, saraf terjepit. Melakukan tugas yang berulang-ulang, seperti bekerja di depan komputer, seringkali menyebabkan sakit leher karena penyempitan di dalam otot trapezius di sepanjang belakang leher. Salah satu bentuk sakit leher yang disebabkan oleh cedera adalah salah urat pada  leher karena kepala tersentak akibat kecelakaan mobil.

Kombinasi istirahat, pengobatan dan terapi olahraga biasanya mengurangi rasa sakit pada leher, dengan tingkat keberhasilan bermacam-macam. Jika rasa sakit menjadi lebih parah, dapat menjalani rehabilitasi terapi fisik. Peregangan dan latihan kekuatan adalah kegiatan yang paling bermanfaat untuk sakit leher, baik sebagai terapi maupun sebagai tindakan pencegahan.

Peregangan mengurangi rasa sakit dan kekakuan, serta merupakan terapi yang bermanfaat untuk penderita radang sendi di sendi tulang tengkuk. Peregangan yang dilanjutkan dengan yoga dan pilates, ideal untuk memperkuat, memperpanjang dan merileks otot di leher dan punggung, serta membetulkan postur tubuh yang tidak sejajar. Olahraga juga dapat mengurangi tekanan pada saraf atau piringan sendi di leher.

April 13, 2015

Sakit Kepala

Sakit kepala adalah kondisi terjadinya tekanan yang menyebabkan rasa sakit berdenyut di kepala yang diakibatkan oleh stres atau tegangnya otot di leher atau wajah, atau mungkin tidak diketahui sebabnya. Olah raga dapat membantu meredakan sakit kepala, tetapi bagi beberapa orang, penggunaan tenaga secara terus menerus akan mengakibatkan sakit kepala yang dikenal dengan nama sakit kepala "exertional". Hal ini mungkin diakibatkan karena olahraga yang melelahkan, seperti lari, mendayung, tenis, berenang, angkat beban. Kebanyakan olahraga yang mampu meredakan sakit kepala dilakukan dengan lembut. Jika Anda mengalami sakit tidak seperti biasanya, temui dokter secepatnya.

Tips menghindari sakit kepala exertional

Berolahraga secara bertahap. Bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga, lakukan perlahan-lahan. Mulai dengan berjalan setiap hari, daripada langsung mengikuti kelas aerobik. Jadi tubuh Anda akan terbiasa dengan gerak.

Berlatihlah di pagi hari. Sebaiknya dimulai dengan melakukan lari kecil di dekat tempat tidur

Cobalah olahraga dengan dampak ringan, seperti berenang, yoga dan tai chi. Hindari olahraga dengan dampak tinggi, seperti lari atau kickboxing karena memiliki kecenderungan meningkatkan rasa sakit. Olahraga yang intens juga akan menyebabkan Anda berkeringat, mengarah pada dehidrasi, yang dapat memperburuk sakit kepala.

Pemanasan dan pendinginan. Hal ini bertujuan untuk memastikan tubuh Anda tidak mengalami perubahan secara tiba-tiba pada detak jantung, aliran darah dan suhu tubuh.

Minum banyak air. Dehidrasi dapat dengan mudah memicu sakit kepala.

Jangan lakukan posisi terbalik. Melakukan posisi terbalik mungkin memicu sakit kepala

Minum pereda rasa sakit (analgesik). Minum obat pereda rasa sakit sebelum Anda memulai olahraga

Minum tablet glukosa. Meminum satu tablet glukosa sebelum Anda memulai olahraga bertujuan untuk mengatasi rendahnya gula darah. Makan beberapa karbohidrat sebelum berolahraga dan kemudian makan satu jam setelah menyelesaikan latihan

 

April 10, 2015

Stroke dan Pencegahannya

Stroke terjadi ketika darah beku menutup sebuah arteri atau pembuluh darah, menghentikan aliran darah ke area otak, yang merusak sel otak tersebut. Anda dapat  menghindari stroke jika Anda berhenti merokok, membatasi jumlah alkohol dan menjaga berat badan. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, masalah jantung dan diabetes.

Pencegahan stroke dapat dilakukan dengan cara olahraga. Aktivitas fisik dapat meningkatkan detak jantung, mengurangi terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit jantung sehingga menurunkan resiko terkena stroke. Semakin Anda aktif secara fisik, semakin rendah resiko yang dimiliki. Seseorang yang secara fisik aktif sebelum menderita stroke, mungkin mengalami lebih sedikit efek berbahaya akibat stroke dan pulih dengan lebih baik.

Jalan cepat secara teratur dapat mengurangi resiko stroke sebesar 20% dibanding dengan orang yang tidak pernah berolahraga secara teratur.

April 09, 2015

Lima Latihan Aerobik Yang Efektif Untuk Kesehatan

Lari

Lari adalah latihan kardio yang paling populer. Lari membakar kalori dan membangun kapasitas aerobik.

Pemanasan : Berjalan selama lima menit, kemudian lari perlahan-lahan selama sepuluh menit dilanjutkan dengan melangkah lari.

Jalan Cepat

Jalan cepat dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang berusia lanjut. Jalan cepat akan membangun ketahanan, membakar lemak dan meningkatkan detak jantung.

Pemanasan : Berjalan dengan langkah ringan selama lima sampai sepuluh menit. Kemudian berhenti dan perlahan lakukan peregangan selama lima menit.

Berenang

Berenang adalah latihan dengan dampak rendah (low-impact) yang sempurna, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan kesehatan tubuh.

Pemanasan : Berenang 250-400 meter menggunakan gaya bebas, gaya punggung dan gaya dada.

Tinju

Tinju adalah latihan kardio yang dapat membakar kalori dengan hebat, membangun kekuatan dan menyehatkan tubuh. Untuk mengkondisikan tubuh agar siap melakukan tinju, lakukan rutinitas lari yang konsisten

Asthanga Yoga

Asthanga Yoga adalah bentuk yoga yang melibatkan gerak berkesinambungan. Sikap badan dihubungkan dengan gerak yang cepat dan disinkronkan dengan nafas. Tujuannya untuk memurnikan tubuh dengan mengeluarkan keringat yang mengandung racun. Ini adalah latihan kardio untuk setiap bagian tubuh dan membangun inti kekuatan dan kelenturan. Manfaat dari Asthanga Yoga akan cepat terlihat bila dilakukan tiga sampai empat kali seminggu.

 

April 09, 2015

Awali Olahraga Dengan Mudah

Mulai Dari Hal Yang Sederhana

Jika Anda sudah lama tidak bergerak, jangan memulai rutinitas yang terlalu serius sehingga membuat Anda lelah setelah melakukan olahraga untuk pertama kali. Untuk Anda yang belum terbiasa dengan aktivitas fisik, Anda perlu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, dengan melakukan latihan fisik tertentu secara konsisten selama enam minggu. Awali dengan berjalan 15 menit setiap hari, kemudian ditambah dengan yoga agar terbiasa dengan peregangan.

Dengarkan Tubuh Anda

Ketika berolahraga, Anda diharapkan tetap berada pada situasi aerobik. Artinya Anda memiliki cukup oksigen di dalam darah sehingga mampu melakukan percakapan. Jika Anda terengah-engah dan tidak mampu berbicara, maka lakukan olahraga secara perlahan.

January 02, 2014

Pola makan pada masa Kehamilan

Kehamilan adalah periode waktu antara konsepsi dan kelahiran anak. Diukur dari awal periode terakhir menstruasi normal wanita, kehamilan penuh dianggap apabila telah berjalan selama 40 minggu atau sekitar 9 bulan kalender. Pada masa kehamilan, pola makan sehat yang dianut oleh seorang wanita membantu memastikan bahwa dia dan anaknya akan memiliki nutrisi yang penting sejak awal kehamilan. Beberapa diet dan aktivitas mempengaruhi nutrisi penting dan hormon.

Seorang wanita harus berbicara dengan profesional kesehatan sebelum mencoba untuk hamil, terutama jika dia :
  • adalah seorang vegetarian yang ketat
  • adalah pelari jarak jauh atau melakukan jenis lain dari olahraga berat
  • sedang diet untuk menurunkan berat badan
  • memiliki, atau memiliki, anemia

Sejenis vitamin yang disebut folat dapat membantu mencegah cacat lahir pada area syaraf otak sang bayi. Pada umumnya, syaraf janin mulai terbentuk beberapa minggu setelah pembuahan, dan biasanya sebelum wanita mengetahui bahwa dia hamil. Untuk alasan itu, maka dianjurkan pada semua wanita usia subur untuk mengkonsumsi asam folat apabila memiliki rencana untuk hamil.

Pada masa kehamilan, seorang wanita perlu mendapatkan pola diet yang sehat.Tubuh dan sang janin yang sedang tumbuh memiliki kebutuhan gizi khusus. Cara terbaik memenuhi kebutuhan tersebut adalah untuk makan berbagai makanan dari semua kelompok makanan. Melewatkan jam makan, makan makanan yang buruk, dan mencoba untuk diet saat hamil bisa menjadi ancaman serius bagi perkembangan anak.

Setelah trimester pertama, seorang wanita harus menambah sekitar 300 kalori per hari dari makanan sehat untuk dietnya. Dia harus berharap untuk dapat menambah berat tubuhnya di antara 10-15kg selama masa kehamilannya. Berat badan ini tidak hanya bayi, plasenta, dan air, tetapi juga menyimpan ekstra lemak tubuh dan volume darah yang seorang wanita perlukan selama kehamilan.

Kebutuhan gizi khusus selama kehamilan

Seorang wanita yang tidak yakin jika dia dapat mengkonsumsi kebutuhan gizi dibawah ini ini harus berkonsultasi dengan dokter kandungannya.

  1. Karbohidrat memberikan janin pasokan konstan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Sebagian besar kalori ekstra wanita selama kehamilan harus berasal dari karbohidrat. Makanan seperti buah segar, sereal gandum dan roti, nasi, kentang, dan kacang-kacangan merupakan sumber yang baik
  2. Besi mendukung pertumbuhan janin dan membantu seorang wanita memproduksi lebih banyak darah. Jika ibu tidak mendapatkan cukup zat besi, bayi akan mengambil besi yang dibutuhkan dari darahnya. Wanita hamil harus mendapatkan sekitar 30 miligram zat besi per hari. Kebanyakan wanita tidak memulai kehamilan dengan cukup zat besi dalam darah mereka. Dokter mungkin meresepkan suplemen zat besi untuk mencegah anemia defisiensi besi. Makanan yang mengandung zat besi seperti daging, unggas, ikan, kacang-kacangan seperti kacang, gandum dan produk sejenis gandum diperkaya. Besi dari produk hewani lebih baik diserap oleh tubuh dibandingkan dari sumber tanaman. Makanan sumber vitamin C, seperti buah jeruk, brokoli, dan tomat, dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak.
  3. Asam folat adalah kunci untuk pengembangan sumsum tulang belakang. Ini membantu membuat sel-sel baru dan materi genetik. Tugasnya yang paling penting adalah membantu mencegah cacat pada syaraf otak sang bayi. Selama kehamilan, jumlah harian yang disarankan asam folat meningkat sampai 600 mcg. Berdasarkan riwayat medis wanita dan hasil tes, dokter mungkin menyarankan 400-800 mcg asam folat per hari. Banyak makanan yang diperkaya dengan asam folat, termasuk yang dibuat dengan tepung gandum atau produk yang diperkaya, seperti roti dan nasi. Hal ini membuat lebih mudah bagi wanita untuk mendapatkan semua asam folat yang dia butuhkan sebelum dan selama kehamilan. Sumber makanan lain termasuk sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli, sayuran berwarna kuning gelap, dan buah-buahan seperti mangga, pepaya, persik dan labu, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.
  4. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot dan sel-sel tubuh pada ibu dan anak. Selama kehamilan, tunjangan harian yang direkomendasikanuntuk protein adalah 70 gram per hari (tergantung juga dari berat badan sang Ibu). Sumber yang baik dari protein termasuk daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, telur, dan unggas tanpa kulit.
  5. Kalsium dan fosfor membantu untuk membentuk tulang janin. Jumlah kalsium yang dianjurkan adalah 1.000 mg untuk sebagian besar wanita hamil di atas usia 18, dan 1.300 mg untuk wanita hamil di bawah usia 18. Jika seorang wanita hamil tidak mendapatkan cukup kalsium, bayi akan mengambil apa yang dibutuhkan dari kalsium tersimpan dalam tulang-tulangnya. Susu, yogurt, dan produk susu lainnya merupakan sumber kalsium terbaik.
  6. Vitamin dan mineral lain yang juga dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi dari biasanya selama kehamilan. Kecuali untuk besi, asam folat, dan kalsium, sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan dapat diambil dalam dengan membuat pilihan makanan sehat. Namun, seorang ahli kesehatan mungkin akan meresepkan vitamin dan suplemen mineral.

Sembelit pada masa kehamilan

Sembelit adalah masalah umum selama kehamilan. Ditambah dengan tekanan dari bayi, kadang-kadang dapat menyebabkan wasir. Untuk membantu mencegah sembelit, seorang wanita harus mencoba untuk :

  1. makan makanan tinggi serat, seperti buah-buahan mentah, sayuran mentah, kacang-kacangan, dedak, dan roti gandum. Plum, jus prune, dan buah ara juga membantu.
  2. minum 8-12 gelas cairan sehari. Air adalah pilihan yang cocok. Susu tanpa lemak dan beberapa 199 % jus membantu, juga.

Morning sickness

Banyak ibu hamil mengalami mual dan muntah yang dikenal sebagai morning sickness. Pilihan diet yang baik dapat membantu meringankan gejala-gejala tersebut. Seorang wanita mungkin menemukan bahwa tindakan-tindakan berikut dapat membantu mengurangi keluhan dari morning sickness:

  1. hanya makan makanan yang menarik. Sang wanita mungkin menemukan bahwa dia lebih suka rasa atau tekstur makanan tertentu. Pada bulan-bulan awal kehamilan, mendapatkan cukup kalori lebih penting daripada makan makanan yang sangat sehat. Kombinasi makanan yang disukai pada awal-awal kehamilan kadang-kadang membantu seorang wanita mematahkan siklus mual dan nafsu makan yang buruk. Ketika morning sickness mulai berkurang, biasanya sekitar akhir trimester pertama, seorang wanita harus mulai fokus pada makanan sehat lagi.
  2. menghindari bau-bauan yang kuat. Hal ini kadang-kadang dapat memicu rasa mual.
  3. mencoba untuk makan sesuatu sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari. Makanan seperti biskuit, roti panggang polos, sereal kering, atau apapun yang menarik bisa menjadi pilihan yang baik.
  4. makan sering dan sebelum ia merasa lapar. Ketika perut kosong, hal ini dapat memicu mual.
  5. mencoba untuk menghindari makanan tinggi lemak dan gorengan selama ini. Sekali lagi, jenis-jenis makanan dapat memicu mual pada beberapa wanita.
Seorang wanita yang muntah lebih dari dua kali sehari harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan nya. Sulit untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan mendukungbayi ketika itu banyak mual dan muntah yang terjadi.

 

Masa setelah kelahiran bayi

Dalam bulan-bulan setelah kelahiran bayi, ibu baru perlu terus makan diet seimbang dan sehat. Hanya dengan demikian, banyak wanita akan kehilangan berat badan dalam 4 minggu pertama. Jika seorang wanita memilih untuk berhenti atau memilih makan makanan tertentu, tubuhnya tidak lagi membutuhkan kalori ekstra yang membantunya selama kehamilan.

Jika seorang wanita menyusui, ia terus membutuhkan cairan tambahan, kalori, dan protein. Seorang ibu menyusui harus makan makanan sehat khas, ditambah menambahkan makanan ekstra untuk menghasilkan susu untuk bayi. Dia harus makan sekitar 500 kalori lebih banyak dalam sehari daripada tubuhnya diperlukan sebelum kehamilan. Kalsium sangat penting bagi ibu menyusui. Susu, yogurt, keju, keju cottage, dan sayuran berdaun hijau tua merupakan sumber yang baik dari itu.

January 02, 2014

Diabetes & Latihan Olahraga

Apakah Diabetes itu?

Diabetes mellitus adalah suatu kondisi yang membuat sulit bagi tubuh untuk mengontrol tingkat glukosa dalam darah. Glukosa adalah bentuk utama dari gula yang digunakan tubuh untuk bahan bakar. Insulin, yang dibuat oleh pankreas, adalah hormon yang membantu tubuh mengontrol tingkat glukosa dalam darah. Dua jenis yang paling umum dari diabetes mellitus adalah diabates tipe 1 dan diabetes tipe 2.

  1. Diabetes tipe 1 adalah gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin dari pankreas, yang mengakibatkan defisiensi insulin dan tingkat abnormal tinggi glukosa darah. Seseorang dengan kondisi ini biasanya memiliki gejala dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja.
  2. Diabetes tipe 2, di sisi lain, biasanya muncul pada orang dewasa kelebihan berat badan atau obesitas. Ini hasil dari resistensi insulin ( suatu kondisi di mana tubuh gagal untuk menggunakan insulin ), dikombinasikan dengan defisiensi insulin. Hampir semua orang yang mengembangkan diabetes tipe 2 memiliki kondisi yang disebut pradiabetes pertama. Kondisi ini dulu dikenal sebagai " gangguan toleransi glukosa " atau " gangguan glukosa puasa.

Apakah manfaat latihan Olahraga?

Orang dengan kedua jenis diabetes diatas dapat mengambil banyak manfaat dari latihan olahraga. Namun, manfaat yang paling dramatis terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2 atau pradiabetes. Tanpa perubahan gaya hidup, kebanyakan orang yang memiliki pradiabetes akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 dalam waktu 10 tahun. Tapi dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur sehingga dapat menjaga berat badan yang sehat, perubahan ke diabetes tipe 2 dapat dicegah.

Latihan Olahraga adalah bagian penting dari perawatan diabetes. Selain dapat menurunkan tingkat glukosa dalam darah dan latihan olah raga secara teratur dapat pula:

  • membantu tubuh membuat lebih baik menggunakan persediaan pangan
  • memungkinkan sel-sel tubuh untuk lebih menggunakan insulin dan glukosa
  • membantu seseorang dalam menurunkan berat badan berlebih
  • meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh
  • meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah
  • menurunkan tekanan darah tinggi
  • membantu seseorang merasa lebih baik secara fisik dan mental

Bentuk latihan olahraga yang mudah, murah dan efektif adalah berjalan cepat selama 30 menit sehari setidaknya 5 hari seminggu. Hal ini sangat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Evaluasi sebelum memulai program olahraga Hal ini penting bagi orang yang memiliki diabetes untuk mengunjungi dokter sebelum memulai program latihan.

Dokter dapat membantu merancang program latihan yang tepat untuk orang tersebut. Ia akan mengambil banyak faktor, termasuk orang itu:

  • perlu untuk kegiatan
  • kemampuan fisik dan batas
  • kendali glukosa darah
  • rutin obat
  • faktor risiko koroner, termasuk merokok, obesitas, dan tekanan darah tinggi

Pedoman untuk latihan

Sangat penting untuk mengatur kadar glukosa tubuh dalam proses latihan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum latihan:     

  1. Memantau kadar glukosa darah sebelum dan sesudah latihan. Setiap orang harus berbicara dengan dokter tentang apa kisaran yang sehat. Cari tahu apakah ada pernah ada waktu bahwa olahraga harus dihindari karena tingkat glukosa darah.     
  2. Sertakan periode pemanasan dan pendinginan dalam program latihan. Pemanasan harus mencakup 5 sampai 10 menit aktivitas aerobik seperti berjalan dengan intensitas rendah. Ikuti ini sampai dengan 5 - 10 menit agar otot terasa kuat. The cooldown setelah latihan harus berlangsung sekitar 5 sampai 10 menit. Perlahan-lahan harus membawa detak denyut nadi sampai ke tingkat seperti sebelum latihan dimulai.
  3. Karena orang-orang yang menderita diabetes sering juga memiliki sirkulasi yang buruk di kaki mereka, sepatu yang baik merupakan kebutuhan yang penting. Penggunaan silika gel atau midsoles yang empuk di sepatu atletik sangat disarankan. Usahakan agar kaki selalu terjaga kering setelah berolah raga.
  4. Orang yang memiliki diabetes harus memberitahu rekan-rekan berolahraga bahwa mereka memiliki diabetes. Mereka juga harus memberitahu mereka apa yang harus dilakukan jika Penderita menjadi lemah semasa latihan.

January 02, 2014

Peran penting Susu Sapi dalam Diet kita

Susu sapi adalah bagian penting dari diet yang sehat untuk orang dewasa dan untuk anak-anak dari usia kecil . Susu menyediakan tubuh Anda dengan energi , protein , kalsium , vitamin D , vitamin A , riboflavin , dan nutrisi lainnya . Para ahli sepakat bahwa menyusui adalah cara yang lebih disukai untuk memberi makan bayi pada tahun pertama kehidupan . Tapi jika Anda tidak bisa menyusui atau tidak mau , gunakan buatan susu formula yang terbuat susu sapi untuk memberi makan bayi Anda .

Formula ini biasanya terbuat dari susu sapi atau kedelai ditambah zat besi dan nutrisi penting lainnya yang. Selain itu, protein dalam susu formula diubah untuk membuatnya lebih mudah bagi bayi Anda untuk mencerna . Susu formula yang dibeli di toko memberikan nutrisi yang baik untuk bayi . Tapi itu tidak memiliki faktor-faktor tertentu yang ditemukan dalam ASI yang membantu melindungi bayi terhadap infeksi dan alergi .

Dalam apa makanan sumber nutrisi yang ditemukan ?

Seluruh susu , susu rendah lemak , susu bebas lemak , susu skim , dan susu bubuk kering adalah segala bentuk susu sapi . Produk lain yang dibuat dari susu sapi meliputi:     

  1. Keju
  2. Keju lembut
  3. Es krim
  4. Yogurt

Bagaimana nutrisi mempengaruhi tubuh ?

Susu dan produk susu sapi merupakan sumber makanan yangmengandung kalsium dan vitamin D. Nutrisi ini membantu mendorong pertumbuhan tulang . Jika Anda mendapatkan susu yang Anda butuhkan setiap hari, Anda lebih mungkin untuk mempertahankan tulang yang kuat sepanjang hidup Anda .

Susu sapi juga menyediakan protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan anak-anak muda untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat . Plus, susu diperkaya dengan vitamin A , yang membantu meningkatkan kesehatan kulit, rambut , tulang , gigi , dan selaput lendir . Vitamin A juga membantu Anda melihat dalam cahaya redup . Jarang, seseorang mungkin memiliki alergi terhadap protein dalam susu , yang disebut laktosa . Alergi laktosa lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak daripada pada orang dewasa. Orang-orang yang alergi terhadap laktosa harus menghindari semua produk susu . Tapi ada orang lain yang memiliki reaksi yang lebih ringan terhadap susu . Kondisi ini disebut intoleransi laktosa (yang disebabkan oleh kekurangan enzim yang mencerna laktosa , yang disebut laktase ), dan orang-orang yang memilikinya dapat makan atau minum produk susu yang memiliki sebagian besar laktosa dihilangkan dari mereka .

Bagaiman untuk bayi dan anak-anak?

Susu sapi adalah bagian penting dari diet paling sehat untuk orang dewasa dan anak-anak. Namun bayi tidak boleh minum susu sapi karena tidak memiliki jumlah yang tepat nutrisi untuk bayi manusia. Pada dasarnya Susu sapi dimaksudkan untuk memberi makan sapi . Protein dalam susu sapi adalah tidak sama dengan yang ditemukan dalam ASI manusia dan susu formula buatan manusia . Hal ini sulit bagi bayi untuk mencerna dan menyerap . Selain itu, tubuh bayi sulit menyerap zat besi yang ditemukan dalam susu sapi . Setelah anak telah mencapai usia 1 tahun , susu sapi dapat digunakan untuk menggantikan ASI atau susu formula selama bayi bisa mentolerir itu . Para ahli kesehatan tidak menyarankan makan produk susu rendah lemak untuk anak-anak kurang dari usia 2 tahun .

Lemak tidak perlu dibatasi dalam diet anak-anak di bawah usia 2 tahun . Bahkan, para ahli merekomendasikan produk berbasis susu untuk anak-anak antara usia 1 dan 2tahun . Hal ini memastikan bahwa anak mendapatkan jumlah lemak yang dia butuhkan untuk pertumbuhan normal dan perkembangan otak dan sistem saraf . Dengan bertambahnya usia anak , jumlah energi yang mereka butuhkan tergantung pada tingkat aktivitas mereka dan tingkat pertumbuhan . Untuk anak-anak usia 2 tahun atau lebih , bebas lemak ( skim ) produk susu memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan . Seiring dengan anak-anak tumbuh dewasa , makanan lain dapat menjadi sumber utama kalori dan protein . Selama bertahun-tahun dalam pertumbuhan tulang, susu sapi menyediakan sumber yang kaya kalsium dan vitamin D.

Pada saat dewasa, minum cukup susu setiap hari dapat membantu mencegah hilangnya kalsium dari tulang yang dapat menyebabkan penyakit yang disebut osteoporosis . Jumlah yang disarankan ( sapi ) kelompok susu porsi yang Anda butuhkan sehari-hari adalah sebagai berikut :

  • Tidak ada untuk bayi usia 0-12 bulan
  • Dua porsi untuk anak-anak dan usia sekolah
  • Tiga porsi untuk remaja dan orang dewasa muda sampai dengan usia 24
  • Dua porsi untuk orang dewasa di atas usia 24
  • Tiga porsi untuk wanita hamil atau menyusui

Satu porsi sama :     

  • 1 cangkir susu atau yogurt
  • 1,5 ons keju alami
  • 2 ons keju olahan

Perbedaan antara susu , susu rendah lemak , dan susu dan produk susu bebas lemak adalah kandungan lemak dan kalori . Bebas lemak ( skim ) susu dan produk susu memiliki jumlah yang sama vitamin dan mineral, termasuk kalsium. Apa yang mereka tidak miliki adalah lemak jenuh dan kalori ekstra. Produk susu merupakan bagian penting dari diet harian Anda.