April 20, 2015

Wasir

Wasir adalah pembuluh darah yang melebar, terjadi di daerah dubur yang lebih rendah. Wasir internal yang terjadi di dalam dubur biasanya kecil dan relatif cepat reda, meskipun bisa menimbulkan pendarahan saat buang air besar. Wasir eksternal menonjol keluar dari anus. Wasir sangat menyakitkan dan menyebabkan gatal atau rasa panas. Penderita sembelit kronis atau yang sulit buang air besar rentan terhadap wasir. Banyak wanita hamil yang mengalami wasir karena rahim menekan pembuluh darah sehingga melebar dan menghalangi kembalinya darah dari dubur.

Olahraga secara teratur dapat mencegah terjadinya wasir karena olahraga dapat mengaktifkan aliran darah, mendorong fungsi kesehatan dari sistem pencernaan, dan membantu mengatur buang air besar. Hindari kegiatan yang bisa memperparah pembuluh darah pada dubur, contohnya mengangkat beban berat atau bersepeda.

Duduk terlalu lama akan meningkatkan tekanan pada wasir. Lakukan aktivitas seperti berjalan.Berenang dan yoga dapat dilakukan untuk memijat usus dan otot di anus.

Jika Anda terkena wasir, mengejan ketika buang air besar akan rentan terkena wasir. Makan makanan berserat tinggi, minum banyak air, olahraga teratur akan membantu melembekan tinja dan mencegah iritasi wasir.

Leave a comment

Comments have to be approved before showing up.