January 02, 2014

Pola makan pada masa Kehamilan

Kehamilan adalah periode waktu antara konsepsi dan kelahiran anak. Diukur dari awal periode terakhir menstruasi normal wanita, kehamilan penuh dianggap apabila telah berjalan selama 40 minggu atau sekitar 9 bulan kalender. Pada masa kehamilan, pola makan sehat yang dianut oleh seorang wanita membantu memastikan bahwa dia dan anaknya akan memiliki nutrisi yang penting sejak awal kehamilan. Beberapa diet dan aktivitas mempengaruhi nutrisi penting dan hormon.

Seorang wanita harus berbicara dengan profesional kesehatan sebelum mencoba untuk hamil, terutama jika dia :
  • adalah seorang vegetarian yang ketat
  • adalah pelari jarak jauh atau melakukan jenis lain dari olahraga berat
  • sedang diet untuk menurunkan berat badan
  • memiliki, atau memiliki, anemia

Sejenis vitamin yang disebut folat dapat membantu mencegah cacat lahir pada area syaraf otak sang bayi. Pada umumnya, syaraf janin mulai terbentuk beberapa minggu setelah pembuahan, dan biasanya sebelum wanita mengetahui bahwa dia hamil. Untuk alasan itu, maka dianjurkan pada semua wanita usia subur untuk mengkonsumsi asam folat apabila memiliki rencana untuk hamil.

Pada masa kehamilan, seorang wanita perlu mendapatkan pola diet yang sehat.Tubuh dan sang janin yang sedang tumbuh memiliki kebutuhan gizi khusus. Cara terbaik memenuhi kebutuhan tersebut adalah untuk makan berbagai makanan dari semua kelompok makanan. Melewatkan jam makan, makan makanan yang buruk, dan mencoba untuk diet saat hamil bisa menjadi ancaman serius bagi perkembangan anak.

Setelah trimester pertama, seorang wanita harus menambah sekitar 300 kalori per hari dari makanan sehat untuk dietnya. Dia harus berharap untuk dapat menambah berat tubuhnya di antara 10-15kg selama masa kehamilannya. Berat badan ini tidak hanya bayi, plasenta, dan air, tetapi juga menyimpan ekstra lemak tubuh dan volume darah yang seorang wanita perlukan selama kehamilan.

Kebutuhan gizi khusus selama kehamilan

Seorang wanita yang tidak yakin jika dia dapat mengkonsumsi kebutuhan gizi dibawah ini ini harus berkonsultasi dengan dokter kandungannya.

  1. Karbohidrat memberikan janin pasokan konstan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Sebagian besar kalori ekstra wanita selama kehamilan harus berasal dari karbohidrat. Makanan seperti buah segar, sereal gandum dan roti, nasi, kentang, dan kacang-kacangan merupakan sumber yang baik
  2. Besi mendukung pertumbuhan janin dan membantu seorang wanita memproduksi lebih banyak darah. Jika ibu tidak mendapatkan cukup zat besi, bayi akan mengambil besi yang dibutuhkan dari darahnya. Wanita hamil harus mendapatkan sekitar 30 miligram zat besi per hari. Kebanyakan wanita tidak memulai kehamilan dengan cukup zat besi dalam darah mereka. Dokter mungkin meresepkan suplemen zat besi untuk mencegah anemia defisiensi besi. Makanan yang mengandung zat besi seperti daging, unggas, ikan, kacang-kacangan seperti kacang, gandum dan produk sejenis gandum diperkaya. Besi dari produk hewani lebih baik diserap oleh tubuh dibandingkan dari sumber tanaman. Makanan sumber vitamin C, seperti buah jeruk, brokoli, dan tomat, dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak.
  3. Asam folat adalah kunci untuk pengembangan sumsum tulang belakang. Ini membantu membuat sel-sel baru dan materi genetik. Tugasnya yang paling penting adalah membantu mencegah cacat pada syaraf otak sang bayi. Selama kehamilan, jumlah harian yang disarankan asam folat meningkat sampai 600 mcg. Berdasarkan riwayat medis wanita dan hasil tes, dokter mungkin menyarankan 400-800 mcg asam folat per hari. Banyak makanan yang diperkaya dengan asam folat, termasuk yang dibuat dengan tepung gandum atau produk yang diperkaya, seperti roti dan nasi. Hal ini membuat lebih mudah bagi wanita untuk mendapatkan semua asam folat yang dia butuhkan sebelum dan selama kehamilan. Sumber makanan lain termasuk sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli, sayuran berwarna kuning gelap, dan buah-buahan seperti mangga, pepaya, persik dan labu, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.
  4. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot dan sel-sel tubuh pada ibu dan anak. Selama kehamilan, tunjangan harian yang direkomendasikanuntuk protein adalah 70 gram per hari (tergantung juga dari berat badan sang Ibu). Sumber yang baik dari protein termasuk daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, telur, dan unggas tanpa kulit.
  5. Kalsium dan fosfor membantu untuk membentuk tulang janin. Jumlah kalsium yang dianjurkan adalah 1.000 mg untuk sebagian besar wanita hamil di atas usia 18, dan 1.300 mg untuk wanita hamil di bawah usia 18. Jika seorang wanita hamil tidak mendapatkan cukup kalsium, bayi akan mengambil apa yang dibutuhkan dari kalsium tersimpan dalam tulang-tulangnya. Susu, yogurt, dan produk susu lainnya merupakan sumber kalsium terbaik.
  6. Vitamin dan mineral lain yang juga dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi dari biasanya selama kehamilan. Kecuali untuk besi, asam folat, dan kalsium, sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan dapat diambil dalam dengan membuat pilihan makanan sehat. Namun, seorang ahli kesehatan mungkin akan meresepkan vitamin dan suplemen mineral.

Sembelit pada masa kehamilan

Sembelit adalah masalah umum selama kehamilan. Ditambah dengan tekanan dari bayi, kadang-kadang dapat menyebabkan wasir. Untuk membantu mencegah sembelit, seorang wanita harus mencoba untuk :

  1. makan makanan tinggi serat, seperti buah-buahan mentah, sayuran mentah, kacang-kacangan, dedak, dan roti gandum. Plum, jus prune, dan buah ara juga membantu.
  2. minum 8-12 gelas cairan sehari. Air adalah pilihan yang cocok. Susu tanpa lemak dan beberapa 199 % jus membantu, juga.

Morning sickness

Banyak ibu hamil mengalami mual dan muntah yang dikenal sebagai morning sickness. Pilihan diet yang baik dapat membantu meringankan gejala-gejala tersebut. Seorang wanita mungkin menemukan bahwa tindakan-tindakan berikut dapat membantu mengurangi keluhan dari morning sickness:

  1. hanya makan makanan yang menarik. Sang wanita mungkin menemukan bahwa dia lebih suka rasa atau tekstur makanan tertentu. Pada bulan-bulan awal kehamilan, mendapatkan cukup kalori lebih penting daripada makan makanan yang sangat sehat. Kombinasi makanan yang disukai pada awal-awal kehamilan kadang-kadang membantu seorang wanita mematahkan siklus mual dan nafsu makan yang buruk. Ketika morning sickness mulai berkurang, biasanya sekitar akhir trimester pertama, seorang wanita harus mulai fokus pada makanan sehat lagi.
  2. menghindari bau-bauan yang kuat. Hal ini kadang-kadang dapat memicu rasa mual.
  3. mencoba untuk makan sesuatu sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari. Makanan seperti biskuit, roti panggang polos, sereal kering, atau apapun yang menarik bisa menjadi pilihan yang baik.
  4. makan sering dan sebelum ia merasa lapar. Ketika perut kosong, hal ini dapat memicu mual.
  5. mencoba untuk menghindari makanan tinggi lemak dan gorengan selama ini. Sekali lagi, jenis-jenis makanan dapat memicu mual pada beberapa wanita.
Seorang wanita yang muntah lebih dari dua kali sehari harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan nya. Sulit untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan mendukungbayi ketika itu banyak mual dan muntah yang terjadi.

 

Masa setelah kelahiran bayi

Dalam bulan-bulan setelah kelahiran bayi, ibu baru perlu terus makan diet seimbang dan sehat. Hanya dengan demikian, banyak wanita akan kehilangan berat badan dalam 4 minggu pertama. Jika seorang wanita memilih untuk berhenti atau memilih makan makanan tertentu, tubuhnya tidak lagi membutuhkan kalori ekstra yang membantunya selama kehamilan.

Jika seorang wanita menyusui, ia terus membutuhkan cairan tambahan, kalori, dan protein. Seorang ibu menyusui harus makan makanan sehat khas, ditambah menambahkan makanan ekstra untuk menghasilkan susu untuk bayi. Dia harus makan sekitar 500 kalori lebih banyak dalam sehari daripada tubuhnya diperlukan sebelum kehamilan. Kalsium sangat penting bagi ibu menyusui. Susu, yogurt, keju, keju cottage, dan sayuran berdaun hijau tua merupakan sumber yang baik dari itu.

Leave a comment

Comments have to be approved before showing up.