January 02, 2014

Diabetes & Latihan Olahraga

Apakah Diabetes itu?

Diabetes mellitus adalah suatu kondisi yang membuat sulit bagi tubuh untuk mengontrol tingkat glukosa dalam darah. Glukosa adalah bentuk utama dari gula yang digunakan tubuh untuk bahan bakar. Insulin, yang dibuat oleh pankreas, adalah hormon yang membantu tubuh mengontrol tingkat glukosa dalam darah. Dua jenis yang paling umum dari diabetes mellitus adalah diabates tipe 1 dan diabetes tipe 2.

  1. Diabetes tipe 1 adalah gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin dari pankreas, yang mengakibatkan defisiensi insulin dan tingkat abnormal tinggi glukosa darah. Seseorang dengan kondisi ini biasanya memiliki gejala dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja.
  2. Diabetes tipe 2, di sisi lain, biasanya muncul pada orang dewasa kelebihan berat badan atau obesitas. Ini hasil dari resistensi insulin ( suatu kondisi di mana tubuh gagal untuk menggunakan insulin ), dikombinasikan dengan defisiensi insulin. Hampir semua orang yang mengembangkan diabetes tipe 2 memiliki kondisi yang disebut pradiabetes pertama. Kondisi ini dulu dikenal sebagai " gangguan toleransi glukosa " atau " gangguan glukosa puasa.

Apakah manfaat latihan Olahraga?

Orang dengan kedua jenis diabetes diatas dapat mengambil banyak manfaat dari latihan olahraga. Namun, manfaat yang paling dramatis terjadi pada orang dengan diabetes tipe 2 atau pradiabetes. Tanpa perubahan gaya hidup, kebanyakan orang yang memiliki pradiabetes akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 dalam waktu 10 tahun. Tapi dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur sehingga dapat menjaga berat badan yang sehat, perubahan ke diabetes tipe 2 dapat dicegah.

Latihan Olahraga adalah bagian penting dari perawatan diabetes. Selain dapat menurunkan tingkat glukosa dalam darah dan latihan olah raga secara teratur dapat pula:

  • membantu tubuh membuat lebih baik menggunakan persediaan pangan
  • memungkinkan sel-sel tubuh untuk lebih menggunakan insulin dan glukosa
  • membantu seseorang dalam menurunkan berat badan berlebih
  • meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh
  • meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah
  • menurunkan tekanan darah tinggi
  • membantu seseorang merasa lebih baik secara fisik dan mental

Bentuk latihan olahraga yang mudah, murah dan efektif adalah berjalan cepat selama 30 menit sehari setidaknya 5 hari seminggu. Hal ini sangat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Evaluasi sebelum memulai program olahraga Hal ini penting bagi orang yang memiliki diabetes untuk mengunjungi dokter sebelum memulai program latihan.

Dokter dapat membantu merancang program latihan yang tepat untuk orang tersebut. Ia akan mengambil banyak faktor, termasuk orang itu:

  • perlu untuk kegiatan
  • kemampuan fisik dan batas
  • kendali glukosa darah
  • rutin obat
  • faktor risiko koroner, termasuk merokok, obesitas, dan tekanan darah tinggi

Pedoman untuk latihan

Sangat penting untuk mengatur kadar glukosa tubuh dalam proses latihan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum latihan:     

  1. Memantau kadar glukosa darah sebelum dan sesudah latihan. Setiap orang harus berbicara dengan dokter tentang apa kisaran yang sehat. Cari tahu apakah ada pernah ada waktu bahwa olahraga harus dihindari karena tingkat glukosa darah.     
  2. Sertakan periode pemanasan dan pendinginan dalam program latihan. Pemanasan harus mencakup 5 sampai 10 menit aktivitas aerobik seperti berjalan dengan intensitas rendah. Ikuti ini sampai dengan 5 - 10 menit agar otot terasa kuat. The cooldown setelah latihan harus berlangsung sekitar 5 sampai 10 menit. Perlahan-lahan harus membawa detak denyut nadi sampai ke tingkat seperti sebelum latihan dimulai.
  3. Karena orang-orang yang menderita diabetes sering juga memiliki sirkulasi yang buruk di kaki mereka, sepatu yang baik merupakan kebutuhan yang penting. Penggunaan silika gel atau midsoles yang empuk di sepatu atletik sangat disarankan. Usahakan agar kaki selalu terjaga kering setelah berolah raga.
  4. Orang yang memiliki diabetes harus memberitahu rekan-rekan berolahraga bahwa mereka memiliki diabetes. Mereka juga harus memberitahu mereka apa yang harus dilakukan jika Penderita menjadi lemah semasa latihan.

Leave a comment

Comments have to be approved before showing up.